Langsung ke konten utama

CONTOH KISI-KISI PENELITIAN

KISI-KISI SKRIPSI
Judul Skipsi
Permasalahan
Hipotesis
Tujuan
Variabel
Indikator
Metode Pengambilan Data
Metode analisis data
Studi Komparatif Antara Program Santri Takhasus Dan Santri Formal Terhadap Peningkatan Membaca Kitab Safinatun Najah Tingkat Satu Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tahun 2016

1.  Bagaimana penerapan program santri takhasus dan santri formal di pondok kebon jambu al-islamy pesantren babakan ciwaringin cirebon tahun 2016

2.Bagaimana perbandingan pengaruh program santri takhasus dan program santri formal terhadap peningkatan membaca kitab safinatun najah tingkat satu pondok kebon jambu al-islamy pesantren babakan ciwaringin cirebon tahun 2016

1.Program Santri takhasus dapat meningkatkan pembacaan kitab safinatun najah

2.Program santri takhasus tidak dapat meningkatkan  pembacaan kitab safinatun najah

1.Untuk mengetahui perbandingan antara program santri takhasus dan santri formal di pondok kebon jambu al-islamy pesantren babakan ciwaringin cirebon tahun 2016

2.Untuk memperoleh data   terhadap peningkatan membaca kitab safinatun najah tingkat satu pondok kebon jambu al-islamy pesantren babakan ciwaringin cirebon tahun 2016

Variable bebas :
Perbandingan antara program santri takhasus dan santri formal di pondok kebon jambu al-islamy

Variabel terkait :
Peningkatan membaca kitab safinatun najah tingkat satu pondok kebon jambu al-islamy
1.Mampu membaca kitab gundul safinatun najah dengan baik

2. Mampu menjelaskan bacaan nahwu, sharaf, dan maknanya kitab safinatun najah dengan baik
1.   Dokumentasi
2.   Observasi
3.   Wawancara
4.   Tes Sorogan
5.   Tes Penilaian

Untuk menganalisis data yang telah diperoleh dan untuk menguji
hipotesis, penelitian ini menggunakan teknik statistik dengan rumus t-test.
Hal ini karena penelitian ini bersifat komparatif, yaitu penelitian yang
diarahkan untuk mengetahui perbedaan dengan cara membandingkan antara
dua sampel penelitian. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Studi komparatif

PROPOSAL PENELITIAN 1. Judul Penelitian      STUDI KOMPARATIF ANTARA PROGRAM SANTRI TAKHASUS DAN PROGRAM SANTRI FORMAL TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA KITAB SAFINATUN NAJAH TINGKAT SATU PONDOK KEBON JAMBU PESANTREN BABAKAN CIWARINGIN CIREBON TAHUN 2016 2. Latar Belakang Masalah Dalam ajaran Islam pendidikan sangat penting karena pendidikan adalah salah satu aspek sosial budaya yang berperan strategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat, dan bangsa. Pendidikan pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarah dan terpadu untuk memanusiakan peserta didik serta menjadikan mereka sebagai khalifah di muka bumi. Pendidikan adalah sesuatu yang esensil bagi manusia. Melalui pendidikan, manusia bisa belajar menghadapi alam semesta demi mempertahankan kehidupannya. (Hanun Asrohah, 2001: 2) Pendidikan tidak hanya menjadi mobilitas untuk mengembangkan potensi manusia, akan tetapi pendidikan juga pada dasarnya diselen...

BAB 3

BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Rancangan Penelitian Dari latar belakang perumusan masalah yang di temukan, maka penelitian ini bersifat eksperimental. Karena rancangan penelitian yang dipilih adalah yang paling memungkinkan untuk mengkontrol variabel-variabel terkait berupa peningkatan membaca kitab safinatun najah tingkat satu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif  dengan melakukan pengamatan baik langsung dan penjelasan pada jawaban dari pertanyaan penelitian yang menggunakan metode statistik. Kajian skripsi ini juga berdasarkan atas hasil obserpasi yang dilakukan pada objek penelitian. Oleh karena itu jenis dalam penelitiannya adalah penelitian lapangan (observasi). 3.2. Penentuan Daerah Penelitian Daerah penelitian yang diambil adalah Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon karena sesuai dengan kebutuhan serta tujuan dan jenis penelitian. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan purposive ...

BAB 2

BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN 2.1 Tinjauan Teoritik Tentang Peningkatan Membaca Kitab Safinatun  Najah 2.1.1 Pengertian Peningkatan Membaca Menurut seorang ahli bernama Adi S, peningkatan berasal dari kata tingkat .Yang berarti lapis atau lapisan dari sesuatu yang kemudian membentuk susunan.Tingkat juga dapat berarti pangkat, taraf, dan kelas. Sedangkan peningkatan berarti kemajuan. Secara umum, peningkatan merupakan upaya untuk menambah derajat, tingkat, dan kualitas maupun kuantitas.Peningkatan juga dapat berarti penambahan keterampilan dan kemampuan agar menjadi lebih baik. Selain itu, peningkatan juga berarti pencapaian dalam proses, ukuran, sifat, hubungan dan sebagainya. Kata peningkatan biasanya digunakan untuk arti yang positif. Contoh penggunaan katanya adalah peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesehatan masyarakat, serta peningkatan keterampilan para penyandang cacat.Peningkatan dalam contoh diatas memiliki arti yaitu usaha untuk membuat sesuatu menjadi l...