Langsung ke konten utama

ABSTRAKSI

ABSTRAK
MUHAMAD IRPAN NIM. BI.I.II.12.1.1.0018. Studi Komparatif Antara Program Santri Takhasus Dan Program Santri Formal Terhadap Peningkatan Membaca Kitab Safinatun Najah Tingkat Satu Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon 2016.
Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIMA Cirebon.
Pembimbing  : 1. Drs. H. Badawi M. Mura'i M.Ag
                         2. H. Syarif Ahmad Tholib, M.Si
Kata Kunci : Peningkatan Membaca, Kitab Safinatun Najah, Program Santri Takhasus dan Program Santri Formal
Peningkatan membaca dalam penelitian ini adalah perubahan kuantitas dan kualitas membaca, menguasai kosokata, dan  sesuai dengan kaidah Nahwu dan Sharaf. Kitab Safinatun Najah (bahasa Arab: سفينة النجاة) adalah sebuah kitab ringkas mengenai dasar-dasar ilmu fikih menurut mazhab Syafi'i. Kitab ini ditujukan bagi pelajar dan pemula sehingga hanya berisi kesimpulan hukum fikih saja. program santri tahkasus adalah santri yang mesatren di pondok kebon jambu, bersekolah formal, dan bersekolah di madrasah  pondok, atau hanya bersekolah madrasah saja, di pondok kebon jambu Al-Islami pesantren babakan Ciwaringin Cirebon. Sedangkan program santri formal, adalah santri yang mesatren di pondok kebon jambu, bersekolah formal baik di dalam pondok, atau di luar pondok tapi tidak bersekolah di madrasah pondok, atau bersekolah madrasah, tapi tidak di dalam pondok kebon jambu Al-Islami pesantren babakan Ciwaringin Cirebon.
Penelititian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program santri takhasus dan santri formal dan apakah terdapat perbedaan perbandingan antara program santri takhasus dan santri formal terhadap peningkatan membaca kitab Safinatun Najah di Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon Tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan teknik komparasi. Subyek penelitian sebanyak 88 responden menggunakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes sorogan dan tes ulangan.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis komparasi menggunakan rumus t-tes. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan peningkatan membaca Kitab Safinatun Najah antara program Takhasus dan Formal dengan perolehan mean MXI 73.255 sedangkan mean MX1. Standar Deviasi yang diperoleh X1 13.037 dan X2 7.155. Standar error MX1 1.988 dan standar error MX2 sebesar 1.091. penghitungan standar error Mx1 dan Mx2 yaitu 1.356 dan to yang dihasilkan sebesar 3.347. Hasil to setelah dikonsultasikan dengan t tabel 1%= 2.423 dan 5%= 1.684, menunjukkan bahwa to lebih besar dari t tabel. dengan hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan membaca Kitab Safinatun Najah antara program Takhasus dan Formal di Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon Tahun 2016.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi lembaga pendidikan dan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi guru hususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning khususnya Kitab Safinatun Najah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Studi komparatif

PROPOSAL PENELITIAN 1. Judul Penelitian      STUDI KOMPARATIF ANTARA PROGRAM SANTRI TAKHASUS DAN PROGRAM SANTRI FORMAL TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA KITAB SAFINATUN NAJAH TINGKAT SATU PONDOK KEBON JAMBU PESANTREN BABAKAN CIWARINGIN CIREBON TAHUN 2016 2. Latar Belakang Masalah Dalam ajaran Islam pendidikan sangat penting karena pendidikan adalah salah satu aspek sosial budaya yang berperan strategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat, dan bangsa. Pendidikan pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarah dan terpadu untuk memanusiakan peserta didik serta menjadikan mereka sebagai khalifah di muka bumi. Pendidikan adalah sesuatu yang esensil bagi manusia. Melalui pendidikan, manusia bisa belajar menghadapi alam semesta demi mempertahankan kehidupannya. (Hanun Asrohah, 2001: 2) Pendidikan tidak hanya menjadi mobilitas untuk mengembangkan potensi manusia, akan tetapi pendidikan juga pada dasarnya diselen...

BAB 3

BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Rancangan Penelitian Dari latar belakang perumusan masalah yang di temukan, maka penelitian ini bersifat eksperimental. Karena rancangan penelitian yang dipilih adalah yang paling memungkinkan untuk mengkontrol variabel-variabel terkait berupa peningkatan membaca kitab safinatun najah tingkat satu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif  dengan melakukan pengamatan baik langsung dan penjelasan pada jawaban dari pertanyaan penelitian yang menggunakan metode statistik. Kajian skripsi ini juga berdasarkan atas hasil obserpasi yang dilakukan pada objek penelitian. Oleh karena itu jenis dalam penelitiannya adalah penelitian lapangan (observasi). 3.2. Penentuan Daerah Penelitian Daerah penelitian yang diambil adalah Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon karena sesuai dengan kebutuhan serta tujuan dan jenis penelitian. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan purposive ...

BAB 2

BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN 2.1 Tinjauan Teoritik Tentang Peningkatan Membaca Kitab Safinatun  Najah 2.1.1 Pengertian Peningkatan Membaca Menurut seorang ahli bernama Adi S, peningkatan berasal dari kata tingkat .Yang berarti lapis atau lapisan dari sesuatu yang kemudian membentuk susunan.Tingkat juga dapat berarti pangkat, taraf, dan kelas. Sedangkan peningkatan berarti kemajuan. Secara umum, peningkatan merupakan upaya untuk menambah derajat, tingkat, dan kualitas maupun kuantitas.Peningkatan juga dapat berarti penambahan keterampilan dan kemampuan agar menjadi lebih baik. Selain itu, peningkatan juga berarti pencapaian dalam proses, ukuran, sifat, hubungan dan sebagainya. Kata peningkatan biasanya digunakan untuk arti yang positif. Contoh penggunaan katanya adalah peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesehatan masyarakat, serta peningkatan keterampilan para penyandang cacat.Peningkatan dalam contoh diatas memiliki arti yaitu usaha untuk membuat sesuatu menjadi l...