ABSTRAK
MUHAMAD IRPAN NIM. BI.I.II.12.1.1.0018. Studi Komparatif Antara Program Santri Takhasus Dan Program Santri
Formal Terhadap Peningkatan Membaca Kitab Safinatun Najah Tingkat Satu Pondok
Kebon Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon 2016.
Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIMA
Cirebon.
Pembimbing : 1. Drs. H.
Badawi M. Mura'i M.Ag
2. H. Syarif Ahmad Tholib, M.Si
Kata Kunci : Peningkatan
Membaca, Kitab Safinatun Najah, Program Santri Takhasus dan Program Santri
Formal
Peningkatan membaca
dalam penelitian ini adalah perubahan kuantitas dan kualitas membaca, menguasai
kosokata, dan sesuai dengan kaidah Nahwu
dan Sharaf. Kitab Safinatun Najah (bahasa Arab: سفينة النجاة) adalah sebuah
kitab ringkas mengenai dasar-dasar ilmu fikih menurut mazhab Syafi'i. Kitab ini ditujukan bagi
pelajar dan pemula sehingga hanya berisi kesimpulan hukum fikih saja. program santri tahkasus adalah santri yang mesatren di
pondok kebon jambu, bersekolah formal, dan bersekolah di madrasah pondok, atau hanya bersekolah madrasah saja,
di pondok kebon jambu Al-Islami pesantren babakan Ciwaringin Cirebon. Sedangkan
program santri formal, adalah santri yang mesatren di pondok kebon jambu,
bersekolah formal baik di dalam pondok, atau di luar pondok tapi tidak
bersekolah di madrasah pondok, atau bersekolah madrasah, tapi tidak di dalam
pondok kebon jambu Al-Islami pesantren babakan Ciwaringin Cirebon.
Penelititian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan program
santri takhasus dan santri formal dan apakah terdapat perbedaan perbandingan antara
program santri takhasus dan santri
formal terhadap peningkatan membaca kitab Safinatun Najah di Pondok Kebon Jambu
Al-Islamy Pesantren Babakan
Ciwaringin Cirebon Tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field
research) dengan teknik komparasi. Subyek penelitian sebanyak 88 responden menggunakan
penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes sorogan dan tes
ulangan.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis komparasi menggunakan rumus t-tes. Pengujian hipotesis
penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan peningkatan membaca Kitab
Safinatun Najah antara program Takhasus dan Formal dengan perolehan mean MXI 73.255 sedangkan mean MX1
. Standar Deviasi yang
diperoleh X1 13.037 dan X2 7.155. Standar error MX1 1.988 dan standar error MX2 sebesar 1.091. penghitungan standar error Mx1 dan Mx2 yaitu 1.356 dan to yang dihasilkan sebesar 3.347. Hasil to
setelah dikonsultasikan dengan t tabel 1%= 2.423 dan 5%= 1.684, menunjukkan
bahwa to lebih besar dari t tabel. dengan hasil ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan peningkatan membaca Kitab Safinatun Najah antara program
Takhasus dan Formal di Pondok Kebon
Jambu Al-Islamy Pesantren Babakan
Ciwaringin Cirebon Tahun 2016.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan
informasi dan masukan bagi lembaga pendidikan dan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan
dan kompetensi guru hususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning
khususnya Kitab Safinatun Najah.
Komentar
Posting Komentar